Campur-campur's Blog

Just another WordPress.com weblog

Tips Mata Agar Tetap Sehat

Mata adalah bagian penting tubuh. Oleh karena itu, harus dijaga dan dirawat kesehatannya. Banyak yang mengabaikan perawatan dan kesehatan mata. Seringkali Anda tersadar bahwa tiba-tiba ada yang tidak beres dengan mata Anda. Inilah yang perlu diwaspadai. Berikut ada beberapa tips bagaimana menjaga kesehatan mata.

  1. Periksa mata Anda setiap satu tahun sekali ke dokter mata. Kondisi mata dapat selalu berubah. Hal ini karena mata selalu menerima hal yang baru setiap hari. Kondisi lingkungan kemudian mempengaruhi keadaan dan kesehatan mata. Anda tidak bisa mengetahui kesehatan mata dengan memeriksakan sendiri karena perlu alat khusus. Jadi periksa rutin ke dokter.
  2. Selalu gunakan kaca mata UV di bawah terik sinar matahari. Mata sebaiknya tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Radiasi sinar ultraviolet akan memberi efek buruk pada mata. Terutama jika Anda berkegiatan di luar rumah. Pilih saja kaca mata yang sesuai dengan trend fashion sehingga sekaligus Anda bisa bergaya.
  3. Makan suplemen atau makanan yang baik untuk kesehatan mata. Konsumsi makanan atau suplemen yang mengandung vitamin A, C, E, Folic Acid, Selenium dan Zinc. Semua makanan dan suplemen itu dipercaya mampu menghambat faktor-faktor penuaan yang juga mempengaruhi kinerja mata.
  4. Atur lampu saat sedang membaca atau bekerja di depan komputer. Lampu sangat berpengaruh bagi kesehatan mata. Kondisikan lampu agar sesuai dengan kenyamanan mata ketika sedang membaca atau bekerja di depan komputer. Kondisi yang gelap dan remang-remang sangat buruk dan mempercepat kerusakan mata. Terlalu terang juga tidak baik karena akan membuat mata silau serta cepat lelah
  5. Berikan waktu istirahat yang cukup untuk amat. Mata juga butuh istirahat seperti anggota badan Anda yang lain. Ketika tidur gunakan lampu tidur atau matikan saja. Selain hemat energi, hal ini dapat membuat mata yang lelah seharian dibiarkan dalam kondisi gelap. Ini akan membuat amat Anda lebih relaks dan segar keesokan paginya.
  6. Jika menggunakan lensa kontak, ganti lensa kontak Anda sesuai waktu yang dianjurkan. Setiap lensa kontak memiliki masa pakai. Hindari penggunaan yang terlalu lama. Lepaskan jika Anda sedang tidak membutuhkan atau ketika Anda sedang bersantai di rumah. Waktu pemakaian normal adalah sekitar 12 jam dalam sehari. Rajin-rajinlah membersihkan lensa kontak oleh karena debu dan partikel lain akan menempel disitu yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan mata.

December 18, 2009 - Posted by | Kesehatan | ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: