Campur-campur's Blog

Just another WordPress.com weblog

Merawat Kulit Berminyak

Anda ingin tampil cantik, bukan…? Tapi seringkali jenis kulit kita yang berminyak menjadi sebab masalahnya. Mau tau perawatan kulit berminyak? Simak Tips berikut ini:

  1. Pilihlah sabun muka yang paling cocok untuk jenis kulit wajah.
  2. Pada dasarnya, minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous bermanfaat untuk melicinkan kulit dan memelihara kelembaban kulit. Jika mencuci wajah secara berlebihan dan menghilangkan sebum, kulit akan berubah jadi kering, bersisik, dan menyebabkan gatal. Penghilangan minyak tersebut akan merangsang kelenjar sebaceous menghasilkan lebih banyak minyak dan dapat menyebabkan kondisi yang disebut Reactive Seborrhea. Hal ini membuat kelenjar Anda bekerja secara berlebihan.

  3. Tidak menggunakan sabun yang memiliki konsentrasi alkali tinggi.Hal ini akan menyebabkan masalah yang kurang sehat, malah akan menyebabkan kulit lebih berminyak.
  4. Hindari sabun yang mengandung alkohol.
    Alangkah baiknya memilih yang berbahan dasar alamiah, seperti minyak zaitun, almond atau alpukat karena bahan tersebut dapat meresap dengan baik sehingga akan membantu pergantian kulit dan menjaga kelembaban.Jangan menggosok wajah secara berlebihan.Hal ini akan menyebabkan minyak hilang secara berlebihan. Gerakan lembut dan perlahan saat membersihkan wajah cukup untuk mengurangi masalah kulit berminyak tanpa harus menyebabkan kulit jadi kering.
  5. Membasuh wajah dengan air hangat kuku.
    Jangan dengan air panas karena akan mempermudah sabun menghilangkan minyak dan kotoran dari wajah dan juga mempercepat keseluruhan proses sehingga menyebabkan kulit menjadi kering dan bersisik. Menghentikan keluarnya minyak berlebihan memang penting tapi bukannya menghilangkan minyak sama sekali.
  6. Hindari mencuci wajah yang terlalu sering.
    Ini merupakan cara yang paling mudah untuk menghilangkan minyak, namun dapat menyebabkan terjadinya Reactive Seborrhea. Mencuci wajah sehari sekali dengan sabun berbusa lembut sudah cukup untuk menghilangkan minyak berlebihan dan menjaga kelembaban kulit.
  7. Pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit.
  8. Membiasakan gaya hidup sehat.
    Menjaga pola makan berguna untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Olahraga teratur akan membantu elastisitas kulit Anda, terutama olahraga di pagi hari.

December 21, 2009 - Posted by | Kesehatan | , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: